Soko Berita

Volkswagen Indonesia Serahkan, Unit Perdana The All-Electric ID. BUZZ kepada konsumen di Bandung

Sebelumnya, perjalanan bersama para konsumen ID. BUZZ telah terlaksana di Jakarta dan Surabaya. Hadirnya ID. BUZZ sebagai simbol mobilitas ramah lingkungan.

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
23 Juni 2025
<p>Ahmad Badawi, Head of Sales & Marketing, PT Garuda Mataram Motor (Volkswagen Indonesia)  menyerahkan unit perdana The All-Electric ID. BUZZ kepada konsumen di Bandung sebagai bagian dari kampanye New Buzz in Life, Sabtu, 21 Juni 2025. (Dok. Volkswagen di Indonesia)</p>

Ahmad Badawi, Head of Sales & Marketing, PT Garuda Mataram Motor (Volkswagen Indonesia)  menyerahkan unit perdana The All-Electric ID. BUZZ kepada konsumen di Bandung sebagai bagian dari kampanye New Buzz in Life, Sabtu, 21 Juni 2025. (Dok. Volkswagen di Indonesia)

SOKOGURU, BANDUNG-  Melalui rangkaian acara Bandung BUZZ Week – Customer Appreciation Day di Main Atrium, Trans Studio Mall yang berlangsung hingga 23 Juni 2025, Volkswagen resmi menyerahkan unit perdana The All-Electric ID. BUZZ kepada konsumen di Bandung sebagai bagian dari kampanye New Buzz in Life. 

Sebelumnya, perjalanan bersama para konsumen ID. BUZZ  telah terlaksana di Jakarta dan Surabaya. Dan kali ini,  PT Garuda Mataram Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen di Indonesia kini melanjutkan langkahnya ke Bandung. 

Head of Sales & Marketing, PT Garuda Mataram Motor (Volkswagen Indonesia), Ahmad Badawi, menyampaikan hal itu dalam keterangan resmi yang diterima Sokoguru, Senin, 23 Juni 2025.

Momentum itu, katanya, menandai hadirnya ID. BUZZ sebagai simbol mobilitas masa depan yang tidak hanya ramah lingkungan dan inovatif, tetapi juga selaras dengan gaya hidup dinamis, kreatif, dan penuh ekspresi khas masyarakat Bandung.

Baca juga: Merayakan Warisan Otomotif Legendaris, Volkswagen Indonesia Bawa ID. BUZZ ke Bandung Lautan VW 3
“Kami melihat Bandung sebagai kota penuh inspirasi, pusat seni dan budaya urban yang terus berevolusi. Semangat inilah yang sejalan dengan misi Volkswagen untuk menghadirkan solusi mobilitas masa depan yang bukan hanya canggih, tetapi juga mengekspresikan kepribadian dan cara hidup penggunanya melalui ID. BUZZ. Kami bangga bisa menjadi bagian dari transformasi gaya hidup di Bandung,” imbuhnya. 

Kampanye New Buzz in Life yang telah diperkenalkan sejak awal 2025, menjadi simbol transisi Volkswagen dari warisan VW Kombi legendaris ke kendaraan listrik masa depan. 

ID. BUZZ sendiri tak sekadar kendaraan, melainkan representasi gaya hidup baru yang memadukan desain ikonik dengan sentuhan modern, dituangkan melalui pilihan hingga 11 warna monotone dan dualtone yang mencerminkan karakter unik pemiliknya.

Baca juga: VW Mania! Bandung Lautan Volkswagen, Penggemar dari 5 Negara Padati Kota Kembang

Sebagai bagian dari kampanye, Volkswagen Indonesia, kata Badawi, juga tengah merayakan kolaborasinya dengan musisi Tanah Air seperti Andien dan Laleilmanino dalam lagu Bahagia di Ujung Jalan (New Buzz in Life), yang mengajak masyarakat untuk menikmati setiap perjalanan sebagai momen penuh makna, kreativitas, dan kebebasan.

Setelah sebelumnya melakukan penyerahan perdana di Jakarta dan Surabaya, kini Bandung menjadi kota berikutnya yang menyambut dimulainya perjalanan para konsumen bersama ID. BUZZ. Momen ini juga ditandai dengan penampilan langsung deretan warna ikonik ID. BUZZ di area pameran, menjadi sebuah ajakan bagi warga Bandung untuk menjelajahi cara baru dalam bermobilitas: penuh gaya namun tetap peduli lingkungan.

Lebih lanjut, Badawi menambahkan, “Seluruh unit ID. BUZZ merupakan wujud dari German Craftsmanship yang kami banggakan: presisi, kenyamanan, serta teknologi terdepan. Kami berterima kasih atas antusiasme dan kepercayaan konsumen Bandung yang menjadi bagian dari perjalanan ini.”.

Baca juga: Dukung Java Jazz Festival 2025, Dua Unit Volkswagen Jadi Transportasi Utama Para Musisi

Desain ikonik ID. BUZZ dipadukan dengan teknologi modern dan performa unggulan. Sebagai EV Van dengan torsi terbesar di kelasnya, ID. BUZZ dilengkapi tenaga maksimum 560 Nm, jarak tempuh lebih dari 500 km dalam sekali pengisian, serta fitur fast charging yang memungkinkan pengisian baterai dari 5% hingga 80% hanya dalam 30 menit. 

Kabinnya yang luas dan fleksibel mampu menampung hingga enam penumpang, didukung beragam fitur premium seperti Electrochromic Panoramic Smart Glass Roof, Powered Sliding Window, sistem audio premium Harman Kardon dengan 12+1 speaker, hingga kursi depan dengan fitur Massage, Heater, dan Memory — menjadikan ID. BUZZ pilihan ideal untuk berbagai gaya hidup, mulai dari rutinitas di tengah kota hingga perjalanan santai ke alam Lembang.

Selama Bandung BUZZ Week, Volkswagen Indonesia mengundang masyarakat Bandung untuk merasakan langsung ID. BUZZ melalui pameran di Main Atrium, Trans Studio Mall.

Pengunjung dapat mencoba test drive ID. BUZZ serta berpartisipasi dalam berbagai aktivitas seru termasuk program keluarga di akhir pekan.

Volkswagen Indonesia percaya bahwa masa depan mobilitas bukan hanya soal teknologi, melainkan tentang menciptakan perjalanan yang lebih hijau, cerdas, dan berjiwa — dan langkah penting menuju masa depan itu dimulai dari Bandung.

 

Resmikan Volkswagen City Store

Sebelumnya, PT Garuda Mataram Motor meresmikan Volkswagen City Store, showroom berkonsep 1S (Sales) pertama Volkswagen di Indonesia, Kamis, 19 Juni. 

Berlokasi strategis di Wisma Indomobil 1, kawasan MT. Haryono, Jakarta Selatan, kehadiran City Store ini menegaskan menegaskan komitmen Volkswagen dalam membangun ekosistem mobilitas modern yang lebih dekat dan relevan bagi konsumen urban Indonesia.

Terintegrasi dalam kompleks Indomobil Group bersama berbagai merek otomotif ternama lainnya dalam naungan Indomobil, Volkswagen City Store menjadi bagian dari langkah untuk mendekatkan teknologi dan inovasi kendaraan masa depan Volkswagen kepada masyarakat Indonesia.

Volkswagen City Store dihadirkan sebagai showroom khusus yang menampilkan berbagai lini kendaraan Volkswagen di Indonesia, termasuk EV van terbaru, The All-Electric ID. Buzz. 

Dengan konsep yang mengedepankan eksklusivitas dan kenyamanan, City Store ini memberikan ruang bagi konsumen untuk melihat lebih dekat detail desain, teknologi, dan fitur kendaraan Volkswagen secara menyeluruh. Didukung area display yang representatif dan ruang konsultasi yang nyaman, showroom ini menjadi pilihan ideal bagi konsumen yang ingin mengeksplorasi kendaraan Volkswagen dengan lebih personal.

Andrew Nasuri, Director of Indomobil Group, menyatakan, Peresmian Volkswagen City Store menjadi wujud nyata komitmen kami untuk menghadirkan pengalaman kepemilikan Volkswagen yang berbeda, menjadi tempat di mana konsumen bisa mengenal lebih dekat teknologi dan inovasi masa depan Volkswagen,” ujar Andrew Nasuri, Director of Indomobil Group. Lebih lanjut, Andrew mengatakan, "Wisma Indomobil ini sendiri sarat akan sejarah otomotif Tanah Air, menjadi saksi perjalanan industri ini selama lebih dari tiga dekade. Dan kini, bangunan bersejarah ini turut menjadi ruang bagi Volkswagen untuk memperkenalkan mobilitas masa depan kepada masyarakat Indonesia.”

 

Sebagai bentuk sinergi global, peresmian ini juga dihadiri oleh perwakilan Volkswagen global, yang menyambut baik langkah strategis ini untuk mendekatkan Volkswagen kepada konsumennya di Indonesia. (SG-1)